Lingkungan hidup merupakan hak dasar bagi seluruh mahluk yang hidup di alam. Aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya memerlukan sumberdaya dan dalam menghasilkan suatu produk juga menghasilkan hasil samping berupa limbah. Permasalahan lingkungan yang dewasa ini timbul sebagian besar diakibatkan oleh aktifitas manusia sebagai mana tersebut di atas. Dapat dikarenakan penggunaan sumberdaya yang berlebih, pembuangan limbah langsung ke alam yang melewati ambang batas, ataupun pembangunan yang tidak memperhatikan kajian lingkungan dan tidak berazaskan pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut menyebabkan turunnya daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Pada konsepnya terdapat dua kata kunci utama dari pembangunan berkelanjutan. Pertama, konsep tentang kebutuhan yang sangat esensial untuk diprioritaskan bagi penduduk miskin. Kedua, konsep tentang keterbatasan atau ”limitations” dari kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang dan yang akan datang. Untuk itu diperlukan pengaturan agar lingkungan tetap mampu mendukung kegiatan pembangunan dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia.

Melihat hal tersebut Indonesia akan membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang Ilmu Lingkungan. Dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang Ilmu Lingkungan di Indonesia, Universitas iVET berkontribusi dengan menyelenggarakan program pendidikan Strata 1 (S1) Ilmu Lingkungan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang Ilmu Lingkungan. Ilmu Lingkungan menjadi disiplin ilmu yang termasuk baru yang mengkaji hubungan antara faktor abiotic (A), biotic (B) dan community (C). Harapannya dengan studi Ilmu Lingkungan dapat menjembatani kepentingan masing-masing komponen lingkungan dapat berjalan dengan selaras, agar kelestarian alam serta kesejahteraan manusia dapat terpenuhi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menristekdikti No 1156/KPT/I/2018 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Program Studi Ilmu Lingkungan di Universitas Ivet Semarang. Program Studi Ilmu lingkungan Universitas Ivet Semarang dapat berkontribusi dalam memberi solusi permasalahan lingkungan dengan menciptakan sumberdaya manusia ahli dan terlatih pada bidang analisa kualitas dan pengelolaan lingkungan.

Open chat
Salam dari kami Prodi Ilmu Lingkungan Universitas IVET. Ada yang bisa kami bantu?
Powered by